Jumat, 26 April 2013

Kegagalan memang guru yang terbaik

Sahabat pernah gagal akan sesuatu?
Saya juga pernah. Rasanya ingin mengulanginya dan memperbaikinya, tapi kita hidup kan ke depan jadi lupakan hal yang telah lalu. Saya juga pernah membaca, bahwa hal yang paling jauh dari kita adalah "Masa Lalu". Berarti hal yang telah lalu biarkanlah berlalu. Tetapi lebih baik jika kita juga belajar dari masa lalu itu, supaya tidak ada lagi penyesalan.

Bagaimana biar tidak menyesal terus menerus?
Ingatlah kita hidup hanya 1 kali, manfaatkanlah waktu yang telah Allah berikan pada kita :)
Ingatlah Man Jadda Wajada (Siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia dapatkan)

Bagaimana agar tidak terulang kembali kegagalan itu?
Belajarlah dari kegagalan-kegagalan itu. Kegagalan memang guru yang terbaik. Dari kegagalan kita bisa belajar, dari penyesalan kita akan sadar. Jadi belajarlah dari pengalaman masa lalu. Hanya orang yang merugi yang mengulangi kegagalan itu.

Apa yang kita dapatkan dari belajar itu?
Rasa penyesalan yang dulu sedikit berkurang karena kita telah berusaha dengan sekuat tenaga. Jika yang kita impikan tercapai setelah berusaha pasti akan kita rasakan nikmatnya hasil usaha kita (syukur).

Kalau sudah berusaha tapi masih belum sesuai dengan keinginan gimana?
Brarti usaha kita kurang keras, atau memang Allah berkehendak lain, yakinlah bahwa Allah selalu memberikan apa yang hambaNya butuhkan, bukan yang hambaNya inginkan.

Di atas merupakan sedikit latihan tulisan saya, semoga bermanfaat :)

Saya selalu praktikan "belajar dari kegagalan", Ada manfaatnya setelah belajar dari kegagalan yang telah dialami. Saya merasakan betapa leganya setelah kita berhasil, dan penyesalan yang dulu berkurang. Dengan kegagalan membuat kita sadar bahwa ada kekurangan dalam diri kita yang harus diperbaiki.

Semangat memperbaiki diri sahabat, :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tulis kritik dan saran karena diperlukan penulis untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan-kekurangan
Terimakasih atas partisipasinya :)